Rabu, 06 April 2011

selain itu, taluk kuantan juga memiliki berbagai macam seni tari, seperti tari batobo dan tari sombah carano. TARI BATOBO
 Batobo Salah satu kesenian anak negri melayu.ini merupakan perkumpulan muda-mudi untuk turun ke sawah atau ladang.BATOBO Salah satu tradisi budaya masalampau yang ada didaerah kampar dan kuantan Singingi biasanya kegiatan dilakukan pada musim turun kesawah atau ladang yang diiringi dengan bunyi-bunyian oleh kesenian tradisi, dan pada masa panen hasil sawah dan ladang dinamakan acara penutupan tobo diadakan tradisi makan besama doa. Diramaikan degan malam kesenian, seperti randai atau saluang. Dalam hal ini bisa kita pahami walaupun kegiatan batobo yg ada didaerah riau namun erat juga kaitanya dengan adat orang minang. hal ini kita lihat dalam acara hiburan memakai tradisi randai oran minang.

Seni Tari Pasambahan: Somba Cerano Budaya Kuansing Riau

Seni Tari Pasambahan Somba Carano Budaya Kuansing Riau 2 Seni Tari Pasambahan Somba Carano Budaya Kuansing Riau
Seni Tari Pasambahan Somba Carano Budaya Kuansing Riau 4 Seni Tari Pasambahan Somba Carano Budaya Kuansing Riau 3
Seni Tari Somba Cerano Budaya Kuansing
Tari Pasambahan yang bernama Tari Somba Cerano berasal dari Budaya Kuansing yang dikograferi (diciptakan) oleh Tom Ibnur salah koreogfer handal dan profesional yang berasal dari Kota Bengkulu. Pengalaman menari dan mencipta dibuktikan dengan pengalamannya dengan terus mengikuti festival Tari tingkat nasional dan Internasional. Tom Ibnur pernah mengikuti perkuliahan jurusan Seni Tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) , sekarang sudah berubah status menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang yang saat ini berdomisili di Kota Bengkulu.
Seni Tari Somba Cerano ini merupakan tarian penyambutan dan upacara selamat bagi para tamu yang dihormati dan diagungkan. Para penari pria menarikan tari pedang yang merupakan simbol sebagai pagar negeri, pelindung bagi masyarakat maupun tetamu. Sedangkan penari wanita menari dan membawa cerano berisikan sekapur sirih yang akan dipersembahkan untuk para tetamu. Persembahan ini merupakan simbol keterbukaan, persaudaraan, serta penerimaan dengan hati yang suci dan tulus.

0 komentar:

Posting Komentar

budaya taluk kuantan © 2008 Template by:
SkinCorner